Pantangan Makanan Penderita Maag Kronis

6 Pantangan Makanan Penderita Maag Kronis Yang Wajib Di Hindari

Maag kronis merupakan kondisi dimana dinding lambung mengalami peradangan. Penyebab dari penyakit maag kronis adalah bakteri helicobacter pylori (H. pylori) dan penggunaan obat anti inflamasi non steroid (OAINS), seperti ibuprofen atau aspirin dalam waktu yang cukup panjang. Bakteri H. pylori merupakan bakteri yang dapat mengiritasi dan menyebabkan munculnya luka pada lambung atau usus bagian atas.

pantangan makanan penderita maag kronisPenderita maag kronis di Indonesia menurut data yang diperoleh dari International Data Base tahun 2004, diperkirakan setidaknya 3 juta orang dari 238.452.952 total penduduk Indonesia menderita penyakit maag. Maag adalah penyakit yang dapat kambuh apabila si penderita tidak makan teratur, terlalu banyak makan, atau sebab lain. Biasanya untuk meredakan atau menyembuhkannya penderita harus mengkonsumsi obat jika diperlukan. Tetapi maag dapat di cegah, yaitu dengan cara makan teratur, makan secukupnya, cuci tangan sebelum makan dan menjauhi pantangan makanan penderita maag. Dan berikut ini saya akan sampaikan apa saja pantangan makanan untuk penderita penyakit maag kronis yang wajib di hindari.

6 Pantangan Makanan Penderita Maag Kronis

Kopi dan teh

Untuk para penggemar kopi memang memiliki selera yang tinggi untuk menemani kopi. Namun jenis minuman ini bukanlah minuman yang cocok bagi penderita maag. Bahkan bukan hanya kopi, teh juga memiliki kandungan kafein yang dapat memicu gangguan pada lambung. Kurangi minum kopi dan teh, lebih baik perbanyak minum air putih karena sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Buah-buahan yang banyak mengandung gas

Mengonsumsi buah memang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan. Akan tetapi ada jenis buah-buahan tertentu yang sebaiknya tidak dikonmsi oleh penderita penyakit maag. Buah nanas, nangka, rambutan, durian merupakan contoh dari beberapa jenis buah-buahan yang mengandung gas. Oleh karena itu, Anda sebaiknya jangan mengonsumsi jenis buah ini jika mengalami sakit maag. Kandungan gas pada buah-buahan tersebut dapat memicu naiknya kadar asam dalam lambung sehingga membuat sakit maag kambuh.

Minuman bersoda

Minuman yang mengandung soda bukanlah minuman yang sehat dan pantas dikonsumsi sebagai minuman harian. Sebab minuman soda terbukti berbahaya jika dikonsumsi dalam jangka panjang dan dosis tinggi. Jenis minuman berkarbonasi ini akan memicu naiknya kadar asam di dalam lambung. Efek karbonasi juga dapat menyenbabkan gangguan perut seperti perut kembung sehingga Anda merasa tidak nyaman.

Gorengan

Makanan yang dimasak dengan cara digoreng memang sangat nikmat dan guruh. Tapi untuk Anda yang terkena penyakit maag, sebaiknya hindari konsumsi gorengan yang terlalu banyak. Makanan yang digoreng dapat mempengaruhi naiknya gas asam di dalam lambung, oleh karena itu mengonsumsi gorengan dapat memicu rasa nyeri pada kerongkongan dan ulu hati atau disebut heartburn.

Cokelat

Cokelat juga merupakan makanan pantangan untuk penyakit maag yang harus Anda hindari. Kandungan kafein dan stimulan lain seperti theobromine yang terdapat pada cokelat dapat memicu naiknya kadar asam di dalam lambung. Selain itu, cokelat juga memiliki kandungan cokelat sehingga tidak baik untuk penderita asam lambung.

Susu olahan yang tinggi lemak

Segala jenis makanan yang berasal dari susu yang diolah dan memiliki lemak tinggi juga harus dihindari oleh orang yang memiliki penyakit maag. Contoh produk ini yaitu mentega yang memiliki kadar lemak sangat tinggi sehingga harus Anda jauhi.

Hati hati akan penyakit maag ini, jika dibiarkan penyakit maag akan sangat berbahaya sekali bahkan bisa menyebabkan kematian karena sakit maag kronis bisa menyebabkan lambung bocor atau kanker lambung. Untuk itu penting bagi anda untuk mengetahui apa saja makanan yang dapat memperparah penyakit maag. Baca juga : Obat Alami Maag Kronis