Menu Sehat Penderita Diabetes Dan Kolesterol

Bagi anda penderita diabetes dan kolesterol wajib memilih menu makanan sehat untuk menghindari penyakit bertambah parah. Memilih makanan dengan indeks glikemik rendah dan menyediakan nutrisi penting seperti kalsium, potasium, serat, magnesium, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Makanan tersebut juga tidak boleh meningkatkan kadar gula darah secara signifikan, mampu membakar lemak, mengurangi inflamasi, dan memiliki manfaat kesehatan lainnya.

Menu Sehat Penderita Diabetes Dan KolesterolNah, berikut ini kita akan berbagi informasi tentang menu sehat penderita diabetes dan kolesterol. Makanan makanan ini akan membantu meningkatkan sensitivitas insulin, mengurangi resistensi insulin, menghambat penyerapan karbohidrat, mencegah penyakit jantung yang membahayakan diabetes, memperkuat daya tahan tubuh, dsb.

Beras Merah Untuk Diabetes

Beras merah sangat  baik untuk penderita diabetes karena memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan nasi putih. Hal ini dikarenakan kandungan seratnya yang tinggi. Beras biasa mengalami proses penggilingan yang menyebabkan hilangnya sebagian besar serat serta vitamin dan mineral. Padahal, serat dapat memperlambat masuknya glukosa ke dalam darah.

Karena kandungan seratnya yang tinggi itulah nasi merah tidak meningkatkan gula darah secara drastis1. Selain unggul dalam kandungan serat, nasi merah pun memiliki kandungan vitamin dan mineral yang lebih tinggi dibandingkan nasi putih. Sebagai contoh, beras merah kaya akan vitamin B, magnesium, dan zat besi yang diperlukan tubuh.

Bayam Untuk Diabetes

Manfaat sayur bayam berguna bagi orang yang menderita diabetes. Magnesium ditemukan dalam bayam ternyata membantu mencegah komplikasi pada pasien diabetes. Apabila pasien Diabetes mengonsumsi rutin sayur bayam maka dapat membantu menstabilkan gula darah dan mencegah dari berfluktuasi terlalu banyak, karena manfaat sayur bayam yang sangat baik, maka para penderita gula darah disarankan untuk mengkonsumsinya.

Manfaat sayur bayam juga mengandung folat yang tinggi, sehingga apabila kita rutin mengonsumsi dapat mengurangi homosistein, asam amino yang ditemukan dalam darah. Hal ini akan mengurangi risiko penyakit jantung. Sayur ini juga mengandung choline dan inositol, yang dapat mencegah pengerasan pembuluh darah pada tubuh manusia. Meskipun bayam mempunyai banyak kelebihan, ternyata sayur bayam juga memiliki sisi negatifnya.

Minyak Zaitun untuk diabetes

Minyak Zaitun kaya akan MUFA (Mono Unsaturated Fatty Acid) / asam lemak tak jenuh tunggal, dan terutama asam oleat. Asam lemak tak jenuh tunggal diketahui dapat membantu untuk menurunkan resiko penyakit yang terkait dengan masalah cardiovascular, seperti penyakit jantung misalnya. Selain itu, minyak zaitun juga dapat membantu untuk menormalkan kadar gula darah.

Kemampuan untuk menormalkan kadar gula darah adalah salah satu hal yang sangat penting bagi mereka yang menderita penyakit diabetes,hal ini dikarenakan orang yang menderita diabetes akan kesulitan untuk menurunkan kadar gula darahnya dikarenakan kekurangan hormon insulin, atau pun tubuhnya tidak mampu untuk memproses insulin yang dihasilkan.

Ikan Salmon untuk kolesterol

Ikan salmon diperkaya dengan kandungan omega 3 yang dapat berfungsi untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida serta meningkatkan produksi kolesterol baik (HDL). Selain mengandung omega 3, ikan salmon juga mengandung EPA dan DHA yang sangat baik bagi kesehatan dan fungsi kerja organ jantung.

Sebuah asosiasi kesehatan di Amerika, menyimpulkan dengan mengonsumsi ikan salmon, ikan tuna, trout, sarden, makarel dan hering minimal 2 porsi dalam 1 minggu dapat memberi manfaat yang sangat optimal dalam menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Alpukat untuk kolesterol

Alpukat memang memiliki tingkat kalori yang cukup tinggi, namun alpukat merupakan salah satu buah yang dapat dijadikan sumber lemak tak jenuh yang dapat meningkatkan kadar kolsterol baik (HDL). Namun dalam mengonsumsi alpukat, diwajibkan dikombinasikan dengan buah atau sayuran lainnya sehingga dapat menekan jumlah kalori yang terdapat pada alpukat.

1 buah alpukat ukuran sedang mengandung 300 kalori dan 30 gram lemak tak jenuh. Dalam batas normal tubuh manusia memerlukan 1.800 kalori dan 30 gram lemak tak jenuh setiap harinya.

Yang Mungkin Anda Cari : Pantangan Makanan Penderita Maag Kronis

Bayam untuk kolesterol

Bayam yang merupakan sayuran hijau banyak mengandung zat lutein yang amat penting bagi keshatan dan ketajaman fungsi mata. Selain itu bayam juga berfungsi sebagai pelindung kesehatan dari organ jantung dan mampu melindungi jantung dari pencegahan lemak yang menempel pada pembuluh darah. Oleh karenanya tak heran seseorang yang memiliki kolesterol disarankan untuk rajin mengonsumsi bayam setiap hari minimal setengah mangkuk.

Kacang Mede, Almon, dan Kenari untuk kolesterol

Kacang mede, almond, dan kacang kenari merupakan bahan makanan rendah lemak yang sangat baik bagi kesehatan jantung karena jenis kacang-kacangan tersebut mengandung lemak tak jenuh tunggal. Jenis kacang-kacangan tersebut juga diperkaya akan kandungan vitamin E, magnesium, dan phytochemical yang berhubungan erat dengan kesehatan jantung.

Demikian lah artikel tentang menu sehat untuk penderita diabetes dan kolesterol. Semoga bermanfaat untuk anda yang saat ini menderita penyakit diabetes dan kolesterol.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *