Gejala dan Pantangan Makanan Penderita Maag

Penyakit maag merupakan suatu kondisi dimana lambung kita mengalami luka yang disebut tukak lambung. Rasa sakit seperti perih atau panas dari leher hingga bagian tengah perut merupakan gejala paling umum yang terjadi pada penderita penyakit maag.

Gejala dan Pantangan Makanan Penderita MaagMenurut data yang diperoleh dari International Data Base tahun 2004 saja, diperkirakan setidaknya 3 juta orang dari 238.452.952 total penduduk Indonesia menderita tukak lambung. Penyebab dari penyakit maag ada dua, yakni bakteri helicobacter pylori (H. pylori) dan penggunaan obat anti inflamasi non steroid (OAINS), seperti ibuprofen atau aspirin dalam waktu yang cukup panjang. Bakteri H. pylori merupakan bakteri yang dapat mengiritasi dan menyebabkan munculnya luka pada lambung atau usus bagian atas.

Baca Juga : Gejala Dan Pantangan Makanan Penderita Stroke

Penderita penyakit maag wajib memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pantangan makanan untuk penderita penyakit maag. Berikut ini diantaranya :

Kopi

Kopi adalah minuman asam yang dapat mengiritasi lambung. Mengkonsumsi kopi terlalu banyak mungkin bisa menyebabkan asam lambung, sehingga asam lambung yang berlebih akan memungkinkan untuk naik kedaerah tenggorokan sehingga memicu sensasi terbakar. Bagi beberapa orang, terutama yang sensitif terhadap kafein, hanya satu cangkir kopi bisa memicu gejala asam lambung. Oleh karena itu, asupan kopi kemungkinan akan meningkatkan produksi asam lambung, yang pada akhirnya bisa memperburuk rasa sakit yang terkait dengan sakit maag.

Gorengan

Gorengan sama sekali tidak baik bagi penderita maag, karena dengan adanya lemak, lambung akan cepat terisi tapi lebih lambat dicerna. Alhasil, seseorang akan merasa sudah kenyang padahal baru makan dalam porsi sedikit. Hal ini tentu akan membuat kerja lambung terganggu. Gorengan juga dapat menyebabkan ulkus gaster (tukak lambung), yaitu luka yang terjadi di sekitar bagian dalam lapisan lambung atau usus yang menyebabkan rasa nyeri pada sistem pencernaan.

Minuman Bersoda

Minuman bersoda banyak mengandung gas yang berefek tidak baik untuk lambung dan dapat memicu penyakit maag. Selain itu minuman bersoda juga menyebabkan lambung tidak bisa menghasilkan enzim yang sangat penting bagi proses pencernaan.

Produk hasil fermentasi

Beberapa jenis produk hasil fermentasi antara lain yaitu tape dan oncom. Namun untuk tempe dan yoghurt masih aman untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit maag.

Buah-buahan yang banyak mengandung gas

Mengkonsumsi buah memang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan. Akan tetapi ada jenis buah-buahan tertentu yang sebaiknya tidak di konsumsi oleh penderita penyakit maag. Buah nanas, nangka, rambutan, durian merupakan contoh dari beberapa jenis buah-buahan yang mengandung gas. Oleh karena itu, Anda sebaiknya jangan mengkonsumsi jenis buah ini jika mengalami sakit maag. Kandungan gas pada buah-buahan tersebut dapat memicu naiknya kadar asam dalam lambung sehingga membuat sakit maag kambuh.

Mungkin Anda Cari : Tips Memilih Makanan Untuk Penderita Diabetes

Cokelat

Cokelat merupakan makanan atau minuman favorit banyak orang, namun kandungan kakao ataupun campuran kafein serta stimulan lainnya dapat memicu ekskresi berlebih asam lambung serta kandungan lemak yang tedapat dalam cokelat mempengaruhi produksi asam pada lambung.

Demikianlah pantangan makanan bagi penderita maag yang wajib di hindari. Selain menghindari makanan, pada penderita maag wajib melakukan pengobatan. Salah satu jenis pengobatan penyakit maag yang aman dan tanpa efek samping adalah dengan cara alami.

============================================

Kami Rekomendasikan Untuk Anda Obat Penyakit Maag Yang Terbuat Dari Bahan Bahan Alami

gastric health tablet

============================================

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *