Bahaya Obesitas Bagi Kesehatan

Awas Bahaya Obesitas Bagi Kesehatan Anda

Obesitas merupakan kondisi di mana berat badan melebihi 20% dari berat ideal. Untuk cara menghitung berat ideal seseorang bisa dengan cara sebagai berikut : Berat Badan Ideal  = Berat Badan (Kg) : (Tinggi badan x Tinggi badan) sebagai contoh ( Berat badan anda 50 kg : (1,68 m x 1,68 m) = 45 : 2,82 = 17,0 adalah Nilai BMI anda). Anda juga bisa langsung menggunakan kalkulator BMI Online di bawah ini.


Bahaya Obesitas Bagi KesehatanPenderita obesitas dengan berat badan melebihi 40% dari berat seharusnya memiliki resiko kematian dini dua kali lipat. Resiko tekanan darah tinggi juga dua kali lebih tinggi pada penderita obesitas dewasa dibanding mereka yang normal. Obesitas juga diketahui memiliki keterkaitan dengan beberapa jenis penyakit kanker. Wanita pengidap obesitas juga memiliki resiko dua kali lebih tinggi untuk mengidap kanker payudara, kanker serviks, kanker uterus, dan kanker ovarium. Baca juga : Berat Badan Turun 10 kg Dalam 1 Minggu

Obesitas saat ini merupakan permasalahan yang muncul di dunia, bahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mendeklarasikannya sebagai epidemik global. Prevalensinya meningkat tidak saja di negara-negara maju, tetapi juga di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia. Rata-rata wanita memiliki lemak tubuh yang lebih banyak dibandingkan pria. Perbandingan yang normal antara lemak tubuh dengan berat badan adalah sekitar 25 – 30 % pada wanita dan 18 – 23 % pada pria. Wanita dengan lemak tubuh lebih dari 30 % dan pria dengan lemak tubuh lebih dari 25 % dianggap mengalami obesitas. Atau dengan kata lain seseorang yang memiliki berat badan 20 % lebih tinggi dari nilai tengah kisaran berat badannya yang normal, dianggap mengalami obesitas.

Obesitas bisa di cegah dengan cara berolahraga, makan dan minum secara teratur dan memperbanyak aktifitas. Selain itu juga cara diet sehat merupakan alternatif untuk mengurangi masalah obesitas.